Seputar Peradilan

Sosialisasi e-COURT (Layanan Administrasi Perkara Secara Elektonik)

Bagi Advokat/ Pengacara di Pengadilan Agama Brebes

pa-brebes.go.id|24-10-2018

Rabu, 24 Oktober 2018, jam 13.00 WIB. Acara Sosialisasi e-Court (layanan Adminisrtasi Perkara Secara Elektronik) dalam kesempatan kali ini diperuntukkan bagi Advokat / Pengacara yang mana dihadiri oleh sejumlah 20 orang, juga perwakilan dari BRI Cabang Brebes (Ibu Silviana) yang dalam hal ini sebagai mitra kerjasama terkait dengan e-Court.

Sebagai Narasumber adalah WAKA PA Brebes (Drs. H. Lanjarto, S.H.,M.H.) didampingi oleh Panitera PA Brebes (H. Nurhidayatus Sofyan, S.H.) serta Sekretaris PA. Brebes (Mulyatun, S.H.). Sosialisasi e-Court ini dibuka oleh Sekretaris Pengadilan Agama Brebes, dalam pembukaannya beliau menyampaikan dasar dari Implementasi e-Court ini adalah dari PERMA No.3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik yang mana peraturan ini mengikat secara Eksternal bagi Aparatur Peradilan itu sendiri maupun Masyarakat / Pencari Keadilan, serta internal.

Dalam sesion acara Waka PA. Brebes, pertama adalah maksud Silaturahim agar tercipta hubungan yang harmonis antar sesama Advokat/ Pengacara maupun Advokat dengan Pengadilan Agama Brebes itu sendiri, beliau mengutip sedikit tentang Undang-Undang Advokat Nomor 18 Tahun 2003, dalam

Pasal 5

(1) Advokat berstatus sebagai penegak hukum, bebas dan mandiri yang dijamin
oleh hukum dan peraturan perundang-undangan.

(2) Wilayah kerja Advokat meliputi seluruh wilayah negara Republik Indonesia.
Pasal 6

Advokat dapat dikenai tindakan dengan alasan :
a. mengabaikan atau menelantarkan kepentingan kliennya;

b. berbuat atau bertingkah laku yang tidak patut terhadap lawan atau rekan
seprofesinya;

c. bersikap, bertingkah laku, bertutur kata, atau mengeluarkan pernyataan yang
menunjukkan sikap tidak hormat terhadap hukum, peraturan perundangundangan, atau pengadilan;

d. berbuat hal-hal yang bertentangan dengan kewajiban, kehormatan, atau harkat
dan martabat profesinya;

e. melakukan pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan dan atau
perbuatan tercela;

f. melanggar sumpah/janji Advokat dan/atau kode etik profesi Advokat

Oleh karenanya sesuai dengan aturan perundang-undangan tersebut kami atas nama Pengadilan Agama Brebes mengajak untuk saling menghormati, berkomunikasi, dan saling menghargai antar sesama maupun dengan pengadilan itu sendiri.

Disisi lain terkait e-Court ini oleh beliau disampaikan bahwa tahap yang sudah dilaksanakan oleh Pengadilan Agama Brebes ini sendiri sudah sampai pada pembuatan Virtual Acount dengan mengadakan MOU dengan BRI Cabang Brebes, hal ini sebagai wujud keseriusan implementasi dari pada e-Court itu sendiri. yang mana diharapkan dengan nantinya ketika e-Court ini sudah bisa aktif dijalankan akan lebih mempermudah kita khususnya dalam beracara di Pengadilan Agama Brebes yang mana bisa Pendaftaran Perkara secara online, Mendapatkan e-Skum Secara Online, Pembayaran Online, Melakukan Konfirmasi Pembayaran Secara Online dan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan secara online.

Untuk menggunakan layanan administrasi perkara di Pengadilan secara elektronik, advokat harus mendaftarkan akun secara daring (online) melalui Aplikasi e-Court melalui website https://ecourt.mahkamahagung.go.id yang nantinya Advokat akan disuguhkan dengan Form-form yang harus diisi secara lengkap (e-Mail dan diverifikasi sebagai Akun Pengguna Terdaftar.

Pengaturan administrasi perkara di Pengadilan secara elektronik dalam petunjuk pelaksanaan ini berlaku untuk semua jenis perkara perdata agama yang meliputi: a. Pendaftaran; b. Pembayaran, penambahan dan pengembalian Panjar Biaya Perkara; c. Pemanggilan; d. Jawaban; e. Replik; f. Duplik; g. Kesimpulan; h. Pemberitahuan; i. Pengiriman Salinan Putusan; j. Tata Kelola Administrasi Perkara. Layanan e-Court ini hanya dapat digunakan oleh Pengguna Terdaftar sesuai peruntukannya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam sesi tanya jawab oleh perwakilan BRI Cabang Brebes ( Ibu Silviana) menjelaskan bahwa MOU antara Pengadilan Agama Brebes dengan BRI dalam hal pembuatan Virtual Acount ini secepatnya akan terealisir karena berkas sudah terkirim kepusat, dan perihal dukungan atas aplikasi e-Court ini beliau berharap kepada Advokat/ Pengacara untuk mengaktifkan BRI Mobile ( Transaksi banking melalui internet) untuk kemudahan dalam melakukan transaksi terkait e-Court ini.

Terakhir oleh beliau berharap kepada semua elemen pihak yang terkait baik Advokat/ Pengacara, mitra Bank, dan juga Pengadilan Agama itu sendiri agar ikut mendukung implementasi e-Court di Pengadilan Agama Brebes ini nantinya. (tim_red)

Panduan Pendaftaran Akun e-COURT klik disini....

  Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas