Ketua PA Brebes
kpa_2015.jpg
PORTAL TABAYYUN PA-BREBES

F A R O I D H
Transparansi Anggaran
Layanan Aduan
Lain-Lain
Login Form



  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow

 

Home

Sosialisasi Direktori Putusan Mahkamah Agung RI

dan

Portal Tabayyun PA. Brebes

pa-brebes.go.id|06-03-2015

           Jum`at 06 Maret 2015, bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Brebes Kelas I. A. Pembinaan yang langsung dipimpin oleh KPA Brebes (Drs. H. Rd. Mahbub Tobri, MH.) dan dikuti oleh Panitera Pengganti, Jurusita/Jurusita Pengganti , Tim IT PA.Brebes dan beberapa tenaga honorer. Dengan mengusung tema Sosialisasi Direktori Putusan Mahkamah Agung RI, yang untuk ke sekian kalinya dengan  tujuan demi tercapainya kuantitas sekaligus kualitas publikasi putusan khususnya PA. Brebes pada direktori Putusan Mahkamah Agung RI.

Para Peserta Sosialisasi Yang Terdiri Dari Panitera Pengganti/ Jurusita Pengganti dan Tim IT PA. Brebes

           Tepat pukul 08.00 WIB. acara tersebut dibuka dengan bacaan Basmallah, dalam himbauannya KPA Brebes menyampaikan berkaitan dengan perkembangan teknologi informasi (TI), dan upaya untuk mendukung serta mewujudkan prinsip informasi transparansi peradilan agar semakin mudah dikonsumsi oleh publik.  Maka cara untuk memperoleh sebuah putusan pengadilan tidak hanya dengan cara datang ke sidang pembacaan putusan yang pintunya terbuka. Tentunya dengan akses Direktori Putusan Mahkamah Agung RI ini  semua masyarakat umum (publik) dapat mengaksesnya dan memperolehnya dengan sangan mudah, hanya dengan mengakses alamat web berikut    http://putusan.mahkamahagung.go.id/pengadilan/mahkamah-agung/ dengan menu pencarian tentunya.

Untuk alasan itulah kita semua berkumpul di sini, demikian supaya informasi putusan yang dicari oleh masyarakat dapat ditemukan, kita harus mengisi dan menguploadkan data putusan sesuai dengan nomer perkara yang terdaftar di PA. Brebes ini. Hal ini akan memberi banyak manfaat ke semua kalangan, baik lembaga peradilan itu sendiri, peneliti, dan publik pada umumnya.

Dijelaskan pula oleh KPA Brebes tentang prosedur dan cara pengupload-an data putusan yang mana sebelumnya data putusan tersebut harus di Anonimasi terlebih dahulu dan merubah file doc. tersebut dalam format Rtf. Terakhir yang mana perlu digaris bawahi bahwa data yang diupload hendaknya dicek dahulu, apakah data putusan tersebut sudah sesuai/ benar, agar kualitas putusan yang dipublikasikan tetap terjaga validitasnya.

Oleh KPA Brebes (Drs.H.Rd. Mahbub Tobri,MH.) dijelaskan cara peng-Upload-an putusan pada Direktori Putusan MA.RI

Disisi lain oleh Ketua Tim IT PA. Brebes (Drs.H. Rohmat MH.) menyampaikan pengenalan dan prosedur serta cara pengUpload-an relaas tabayyun melalui portal tabayyun karya tim IT PA. Brebes melalui alamat web berikut ini http://pa-brebes.go.id/tabayun/ .

Ketua Tim IT PA.Brebes (Drs.H.Rohmat,MH) menerangkan prosedur peng-Upload_an data pada Portal Tabayyun

Portal tabayyun ini bertujuan demi lancarnya proses persidangan yang mana problematika selama ini dikarenakan relaas tabayyun (antara PA) sering terlambat bahkan tidak sampai. Dengan adanya portal tabayyun PA. Brebes ini, diharapkan semua PA. lain yang memohon bantuan panggilan melalui PA. Brebes dapat langsung mengunduhnya/ mendownloadnya dengan mudah melalui portal tersebut, disamping nantinya bukti fisik ri’il relaasnya yang  akan dikirim lewat pos.

Diterangkan pula oleh Ketua Tim IT PA. Brebes bahwa semua jurusita/jurusita pengganti sebagai operator/adminnya yang mana diharapkan bisa mengoperasikan menu-menu yang ada, termasuk mengisi form-form yang tersedia, melakukan pemindaian (scanning) hasil relaas, pengunggahan(upload) relaas, dan pengunduhan (download) relaas. sosialisasi berikut selesai tepat pukul 11.00 WIB. ditutup dengan ucapan Hamdallah..(tim_red)

 

INOVASI TIDAK BERHENTI SAMPAI DISINI

( Sosialisasi Aplikasi Informasi Data Perkara dan Aplikasi Antrian Akte Cerai )

pa-brebes.go.id|23-01-2015

Jum’at pagi, tepatnya pukul 08.00 WIB, di ruang sidang utama Pengadilan Agama Brebes Kelas I. A, rapat yang di ikuti oleh seluruh keluarga besar PA Brebes tanpa terkecuali.

Dibuka oleh Pansek PA. Brebes (MAHENDRA, SH) beliau menyampaikan hasil terkait dengan kedatangan Badan Urusan Administrasi (MA RI) Rabu, 21 Januari 2015, yang isinya dalam rangka Supervisi dan Koordinasi Pembangunan, Renovasi, dan Rehabilitasi gedung kantor, dalam hal ini khususnya di PA Brebes ini lebih memfokuskan pada pelayanan dan kenyamanan publik, yakni Tersedianya ruang tunggu dan parkiran yang lebih aman dan nyaman, tandasnya.

(KPA Brebes menerangkan prosedur upload data melalui infoperkara.badilag.net)

Berikutnya oleh KPA Brebes (Drs. H. Rd. Mahbub Tobri, MH) menyampaikan terkait dengan Informasi pelayanan publik dalam rangka lebih mengoptimalisasikan informasi data perkara pada PA Brebes dengan menggunakan aplikasi baik yang bersifat Dekstop (Local Host) maupun yang berbasis Website seperti pada infoperkara.badilag.net. Dan tidak menutup kemungkinan juga data yang tersaji ataupun di Uplode itu harus selalu Up to Date setiap harinya.

Dipaparkan oleh beliau tentang Aplikasi Data Pekara, yang didalamnya terdapat informasi-informasi komplit dari perkara yang diinginkan pencari keadilan hanya dengan mengetik no perkara yang dimaksud, mulai nama, biodata, perjalanan sidang, keuangan perkara, sampai dengan informasi Akte Cerainya. Hal itu/ Aplikasi tersebut memang Sinkron/ hasil input data langsung dari aplikasi-aplikasi pada SIADPA tentunya. Dan apabila kita semua tidak maksimal menggunakan aplikasi SIADPA secara langsung juga berimbas pada Aplikasi Data Perkara yang masih kosong (tidak ada data informasi) didalamnya.

(KPA Brebes menjelaskan Aplikasi Data Perkara)

Begitu juga dengan Informasi data perkara yang berbasis Website (infoperkara.badilag.net), hal itu menjawab harapan para pencari keadilan khususnya dan seluruh masyarakat pada umumnya, yang mana dengan tingkat Mobilitas yang sangat tinggi , kita dapat memperoleh informasi data perkara yang kita inginkan, dimanapun dan kapanpun.

Marilah kita semua merubah cara pandang kita (tidak menutup mata) terhadap teknologi perkembangan zaman, yang mana banyak mengandung hal-hal positif. Dan tidak lain ini bertujuan untuk lebih meningkatkan kualitas serta profesionalitas diri kita sendiri, demi juga tercapainya kemajuan PA Brebes ini.

Disisi lain oleh Pengawas IT PA Brebes (Drs. H. Rohmat, MH) beliau menambahkan terkait dengan perkembangan tekhnologi, pada hal ini tentang dijelaskan olehnya pelayanan dan informasi data yang berbasis IT, setelah kemarin PA Brebes ini telah sukses dalam Implementasi Antrian sidang, kini beliau memperkenalkan Aplikasi untuk antrian Akte Cerai yang mana aplikasi tersebut juga bersumber pada database SIADPA AKTE CERAI.

(Pengawas IT PA Brebes (Drs. H. Rohmat, MH) sedang menjelaskan cara kerja Aplikasi Atrian Akte Cerai)


Dalam aplikasi tersebut kita dituntut untuk lebih maju, dan professional dalam pelayanan public, agar lebih tertib dan juga tentunya lebih nyaman untuk para pencari keadilan imbuhnya.

Tepat pukul 09.30 , rapat selesai ditutup dengan harapan yang semua ini tidak lain bertujuan untuk kepentingan Bersama demi Pengadilan Agama Brebes yang lebih maju lagi, Aamiiin.(tim_red)

Terakhir Diperbaharui (Jumat, 23 Januari 2015 15:33)

 

SOSIALISASI APLIKASI ANTRIAN SIDANG

PENGADILAN AGAMA SE- EKS KARESIDENAN PEKALONGAN

 pa-brebes.go.id|20-01-2015

Sesuai dengan surat tugas  Nomor W11-A12/0157/KP.01.1/2015 yang dikeluarkan oleh Pengadilan Agama Kelas IB Batang (Ketua Koordinator Pengadilan Agama se- Karesidenan Pekalongan ( Drs. H. Abdul Kholik, S.H, M.H. ) memerintahkan para Admin IT khususnya SIADPA untuk wilayah se Eks – Karesidenan Pekalongan mengikuti acara sosialisasi Aplikasi Antrian Sidang yang kebetulan bertempat di Pengadilan Agama Brebes Kelas I. A.

Meskipun acara tersebut sempat tertunda selama 5 hari,  Alhamdulillah pada hari ini Selasa 20 ,Januari 2015 dapat terlaksana, dihadiri oleh sejumlah Admin IT  PA se-karesidenan Pekalongan diantaranya dari PA Tegal, PA Slawi, PA Pemalang, PA Pekalongan, PA Batang, PA Kajen dan dari PA Brebes sendiri.

Para Admin IT Se Eks-Karesidenan Pekalongan dalam sosialisasi Aplikasi Antrian Sidang yang dipimpin langsung oleh KPA Brebes (Drs. H. Rd. Mahbub Tobri, M.H.)


Langsung disambut dan ditemui oleh Ketua PA. Brebes ( Drs. H. Rd. MAHBUB TOBRI, MH) didalam ruangannya,  acara yang dimulai tepat pukul 09.00 WIB. Dalam sambutannya KPA Brebes pertama2 menyampaikan selamat datang dan terimaksih atas kehadirannya, dijelaskan pula bahwa acara ini bukanlah sebagai bentuk pencitraan ataupun bentuk kesombongan, namun tujuan kita hadir disini khususnya PA se- Karesidenan Pekalongan agar kita saling sharing, berbagi dan saling melengkapi demi tercapainya kepentingan bersama.

Kita semua disini sebagai Admin IT  Pengadilan Agama selalu dituntut untuk berkembang lebih maju dan maju lagi, terkait Bidang IT. Juga terkait dengan bocoran Aplikasi SIADPA yang baru untuk tahun 2015 yakni Aplikasi tersebut berbasis WEB, yang mana aplikasi tersebut merupakan pengembangan yang lebih canggih dari Aplikasi SIADPA sebelumnya.

Karena kita sebagai Admin memiliki tanggung jawab yang besar secara langsung maupun tidak langsung akan sebuah lingkaran administrasi dan informasi yang di sajikan  masing-masing satker demi tercapainya pelayanan public yang lebih maksimal.

Banyaknya masalah yang muncul khusunya tuntutan terkait dengan Pelayanan yang lebih maksimal dan juga terarah dalam persidangan, dalam hal ini beliau KPA Brebes menerangkan hasil karya beserta TIM IT-nya yang diketuai Sdr M. Irfan Suparyana, S.Kom ketika masih menjabat sebagai WKPA Majalengka Kelas I. A. telah menghasilkan Aplikasi Antrian untuk pemanggilan persidangan. Yang mana aplikasi ini diperuntukkan demi terciptanya peradilan yang lebih adi lagi. Terkait dengan kehadiran pihak yang akan sidang akan disesuaikan dengan jam kedatangan para pihak.  Terakhir aplikasi ini juga tidak berhenti sampai disini, karena aplikasi tersebut juga masih bisa dikembangkan lebih lanjut, untuk itu beliau KPA Brebes meminta kritik dan saran yang lebih membangun.

Oleh KPA Brebes ( Drs. H. Rd. Mahbub Tobri, M.H. ) dijelaskan alur penggunaan Aplikasi Antrian Sidang


Terakhir oleh Beliau KPA Brebes , dijelaskannya proses jalannya Aplikasi Antrian tersebut mulai dari penambahan tabel URUT pada Server SIADPA, proses pendaftaran di Loket antrian, proses Pemanggilan pada tiap ruang sidang, terakhir adalah tampilan Lay Out ke 2 pada ruang tunggu sebagai monitor para pihak yang akan bersidang.

Acara dilanjutkan dengan observasi langsung ke lapangan terkait dengan implementasi aplikasi antrian sidang ini diantaranya di tempat (loket) pengambilan antrian, pemanggilan antrian pada ruang sidang, serta lay out ke2 pada ruang tunggu sidang. (tim_red)

 

TAHUN BERBASIS DIGITAL

pa-brebes.go.id|12-01-2015

Itulah sambutan apel kali ini yang langsung di bina oleh Ketua Pengadilan Agama Brebes (Drs. H. Rd. Mahbub Tobri, MH).

           Kegiatan apel rutin yang diselengarakan setiap senin pagi pukul 07.00 WIB dihalaman depan gedung PA Brebes hukumnya wajib bagi seluruh keluarga besar PA Brebes ini, kecuali yang berhalangan dengan surat izin ataupun dinas luar.

Dengan tidak melupakan pembacaan teks 10 Budaya Malu juga dikumandangkan dan diikuti secara bersama oleh seluruh peserta apel secara khidmatnya.

Disisi lain oleh Ketua PA. Brebes sebagai Pembina apel kali ini, menyampaikan sekelumit bocoran persiapan program dan rencana untuk tahun 2015 ini di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia pada umumnya dan PA Brebes pada khususnya. yakni pada tahun 2015 kita semua dituntut harus siap dan sigap baik secara SDM maupun SDA (fasilitas) dalam menghadapi perkembangan zaman (Modernitas) yang serba canggih dan efisien dalam meningkatkan mutu pelayanan publik para pencari keadilan serta informasi penting lainnya, namun dengan tetap tidak mengurangi disiplin dan etos kerja kita semua. Dalam imbuhnya sambutan ini akan dilanjutkan pada agenda rapat setelah apel pagi diruang sidang utama.

Kemudian tepat pukul 08.00 WIB, acara apel senin pagi selesai ditutup dengan do’a yang dipimpin oleh  Hakim PA Brebes (Drs. H. ISWANDI)

Dalam rapat yang dipimpin oleh Ketua PA Brebes (Drs. H. Rd. Mahbub Tobri, MH) didampingi oleh Wakil Ketua PA Brebes (Drs. H. Jojo Suharjo).

Ketua PA Brebes menyambung isi daripada pembinaan apel pagi tadi, yakni persiapan menuju tahun 2015 yang berbasis digital.

Kita semua akan dituntut untuk kerja cepat, tepat, teliti serta terarah dalam semua bidang , terutama dalam hal pelayanan publik khususnya para pencari keadilan. Dan juga dalam keterbukaan informasi serta laporan yang mana semua pengirimmannya mengunakan data elektronik (APLIKASI, WEB)  namun tetap tidak meninggalkan fisik – nya.

Oleh karena itu kita semua harus belajar dari awal daripada tidak belajar sama sekali, dengan harapan kita semua khususnya kantor PA Brebes ini lebih maju dan maju lagi, sesuai dengan Visi Pengadilan Agama Brebes Kelas I.A yaitu “TERWUJUDNYA BADAN PERADILAN INDONESIA YANG AGUNG”

Terakhir beliau juga menambahkan bahwa kita semua selalu kompak, karena kita ini bekerja sebagai tim satu kesatuan, yang mana satu sama lain saling mengisi dan melengkapi. (timred)

 

PELEPASAN PEGAWAI

SEKALIGUS PERESMIAN RUANG SIDANG 4

PENGADILAN AGAMA BREBES KELAS I. A

pa-brebes.go.id| 23-12-2014

Suasana sedih dan haru melingkupi ruang sidang utama Pengadilan Agama Brebes, hari itu selasa pukul 13.00 WIB, acara pelepasan pegawai atas nama Ahmad Athas Muhrof, SHI yang mana telah mengabdi di PA. Brebes selama 4 tahun dari mulai cpns sampai diperbantukan  mulai dari staf, jurusita pengganti sampai terakhir menduduki jabatan Panitera Pengganti local, selain itu juga saudara ini merupakan bagian inti dari tim IT PA. Brebes , yang mana saudara ini telah banyak membantu baik fikiran maupun tenaganya dengan ikhlas tanpa imbalan suatu apapun demi tercapainya  kemajuan kantor PA. Brebes di bidang IT. Dan dengan pindah tugasnya saudara ini ke Pengadilan Agama Sragen Kelas I.B seluruh keluarga besar PA Brebes pada umumnya dan seluruh tim IT PA. Brebes khususnya merasa kehilangan sangat, karena saudara ini merupakan pekerja yang rajin, ulet, tegas dan pantang menyerah.

 

Sosok yang humoris juga cepat akrab dengan semua orang, akan menjadikan kenangan-kenangan kebersamaan itu selalu melekat dihati. Acara yang diawali dengan kata sambutan oleh pegawai yang akan dilepas, dengan terisak-isak saudara ini mengungkapkan semua kesan kesan di PA. Brebes ini, sampai tak terasa air mata saudara dan juga para peserta acara ini juga ikut mengalir, terakhir saudara ini juga menyampaikan terima kasih atas kerjasamanya selama ini dan permohonan maaf lahir bathin atas segala kesalahan dan kekhilafan yang pernah diperbuat selama bertugas di Pengadilan Agama  Brebes ini.

 

Disisi lain Panitera PA. Brebes (MAHENDRA, SH) menyampaikan selamat kepada saudara yang akan dilepaskan, karena sebentar lagi akan dekat dengan keluarga, isteri dan anaknya kelak.  Juga terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerjasamanya selama ini baik kedinasan maupun hal diluar kedinasan untuk kantor PA. Brebes ini, di penghujung amanatnya beliau berpesan hendaknya bawalah sesuatu apapun, sekecil apapun hal yang baik di PA. Brebes ini dan buanglah jauh-jauh hal yang buruk , jagalah nama baik PA. Brebes nantinya, selamanya.

Selanjutnya Wakil Ketua Pengadilan Agama Brebes (Drs. H. Jojo Suharjo) yang dalam hal ini mewakili Ketua PA. Brebes (Drs. H. Rd. Mahbub Tobri, MH), beliau menyampaikan pesan dari Bapak Ketua PA. Brebes yang isinya permohonan maaf yang sebesar-besarnya karena beliau berhalangan hadir dalam acara ini dan juga minta maaf karena tidak bisa melepas secara langsung pegawai yang akan pindah tugasi. Disampaikan juga oleh Bapak Wakil Ketua PA. Brebes, beliau selaku Unsur Pimpinan, Pribadi dan Rekan-rekan Keluarga Besar Pengadilan Agama Brebes menyampaikan banyak terimakasih yang sebesar-besarnya kepada saudara ini atas bhakti/ kerjasama kedinasan maupun di luar kedinasan selama di PA Brebes khususnya dan juga Bhakti kepada Negara selama ini, hal senada pun oleh beliau diucapkan atas nama Pribadi, Unsur Pimpinan dan Rekan-rekan kerja semua mohon maaf apabila ada salah dan kekhilafan selama menjalankan tugas kedinasan. Dengan harapan semoga ditempat kerja yang baru saudara ini cepat menyesuaikan diri, lebih istiqomah dan nyaman dalam bekerja, tidak ketinggalan kami semua berdoa untuk kedepan saudara akan lebih baik dari sekarang, Aamiiin.

Disamping itu juga, beliau menyampaikan bahwa SK untuk susunan Majelis Hakim yang baru telah selesai ditanda tangani oleh Ketua PA. Brebes, terhitung mulai Januari 2015  di PA Brebes ini telah siap dengan 4 ruang sidang. Dengan tujuan demi pelayanan yang prima dan terarah kepada masyarakat pencari keadilan tentunya.

Acara ini ditutup dengan do’a yang dipimpin oleh Drs. H. Parsid (Hakim PA. Brebes)

 

 

Penyerahan cindera mata kenang-kenangan kepada pegawai yang telah dilepas

 

Terakhir acara ucapan selamat kepada pegawai yang telah dilepas

 
Wakil Ketua PA Brebes
waka_2014.jpg
Pegawai PA Brebes
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
Pengunjung
Kami memiliki 3 tamu online
PA Brebes on Television

Get the Flash Player to see this player.
SIADPA - WEB PA.BREBES
INFO PERKARA BADILAG
DIREKTORI PUTUSAN MA

mp3 flash player by undesign website design.